Wednesday, February 27, 2013

Belajar PHP dengan array

Banyak metode yang di gunakan saat kita Belajar PHP dengan array, definisi dari array tersebut adalah variabel yang jamak dan mengacu pada satu acuan variabel saja, Array sendiri dalam PHP merupakan jenis dari tipe data, bukan hanya sekedar variabel, secara garis besar aray terbagi 2 jenis yaitu :
  1. array berindeks
  2. array asosiatif

Array berindeks merupakan tipe array yang sering kebanyakan orang gunakan array yang terdiri dari beberapa variabel yang diacu dengan menggunakan nomor sedangkan array asosiatif adalah array yang terdiri dari beberap variabel yang diacu oleh nama.

Sebenarnya sama saja antara array berindeks dan array asosiatif hanya saja yang membdeakannya yaitu penyebutan dari elemen - elemen keduanya untuk menyimpan data.

Array dapat memiliki lebih dari satu dimensi, array yang memiliki satu dimensi adalah array yang memiliki satu indeks sedangkan array yang memiliki dua dimensi adalah array yang memiliki dua indeks.

Seperti dalam halnya dalam Belajar PHP untuk menginisialisasikan nilai suatu varibel perlunya suatu tanda = ( assignment)

pada contoh kasus anda bisa lihat pada gambar di bawah ini :






Assignment di atas sudah jelas, akan menghasilkan indeks yang sama pada serangkain nomor elemen,

PHP akan secara otomatis memberikan nomor proses pada suatu assignment, yang pertama akan di beri nomor indeks 0, selanjutnya 1, dan yang terakhir adalah 2. Sehingga untuk array $hewan mempunyai 3 elemen, elemen pertama (indeks 0) adalah kambing, elemen kedua (indeks 1) adalah ayam, elemen ketiga (indeks 2) adalah sapi.

Ketika kita Belajar PHP ada yang bernama dengan manipulasi array yaitu melakukan suatu proses aray, seperti merubah atau penukara dengan isi. Hal ini sama seperti halnya melakukan assignment.

Ada beberapa tekhnik yang di gunakan untuk memanipulasi array seperti contoh pada di bawah ini :

$hewan[0]="kambing";
$hewan[1]="ayam";
$hewan[2]="sapi";
$hewan[2]=$hewan[1];
$hewan[1]=$hewan[0];
$hewan[0]="gajah";

Contoh di atas menunjukkan bahwa kini isi array $hewan telah di manipulasi, di ganti isinya dengan isi elemen ketiga ( no indeks 2) diisi dengan isi elemen kedua (no indeks 1), elemen kedua di isi dengan elemen kesatu dan elemen pertama diisi dengan "gajah".

No comments:

Post a Comment